Produksi

Kami mengembangkan dan mengelola jaringan Badan Usaha Milik Rakyat (BUMR). Cakupan kami dipertanian padi, jagung, penggemukan sapi, hortikultura, perikanan, kelapa sawit dan rumput laut.

Badan Usaha Milik Rakyat (BUMR) adalah konsep korporatisasi koperasi dan UMKM dengan status hukum, struktur dan kedudukan yang sama dan sejajar dengan lembaga pelaku ekonomi lainnya. Kesejajaran ini juga terefleksi dari kekuatan BUMR yang memiliki usaha produktif yang berskala ekonomi, berorientasi pasar, efisien sebagaimana layaknya korporasi modern yang dikelola secara profesional.Namun demikian, sifat kekeluargaan dan azas-azas kebersamaan sesuai dengan semangat UUD 1945 pasal 33 tetap mewarnai lembaga ekonomi BUMR ini.

Korporatisasi Koperasi dan UMKM menjadi Badan Usaha Milik Rakyat (BUMR) adalah solusi terhadap kelemahan struktural koperasi, usaha kecil dan mikro untuk menjadi lembaga pelaku ekonomi yang memiliki posisi yang sejajar dengan badan-badan usaha lain sesuai dengan strategi pemberdayaan ekonomi Pancasila. Kesejajaran ini tidak saja karena terstruktur dalam bentuk badan hukum yang sama (perseroan terbatas), tetapi juga memiliki posisi tawar untuk bersinergi dan bekerja sama dengan Usaha Besar karena:

  1. Memiliki skala ekonomi sesuai prinsip pengelolaan usaha yang efisien;
  2. Produksi disesuaikan dengan kebutuhan pasar atau industri pengguna bahan baku yang disuplai dari anggota BUMR;
  3. Menjadi organisasi bisnis yang dikelola secara profesional agar memiliki eksistensi bahkan pertumbuhan yang berkesinambungan;
  4. Kehadiran BUMR merupakan solusi penyediaan bahan baku yang berkualitas bagi industri besar secara berkesinambungan;
  5. Kemitraan antara BUMR dan Usaha Besar tercipta karena keduanya saling membutuhkan dan dapat bekerja sama dan berkomunikasi dalam gelombang yang sama;
  6. BUMR sektor pertanian dapat mengakses sumber pendanaan inklusif untuk meningkatkan produktivitas sekaligus ketahanan pangan nasional.

Seterusnya....